Efektif Dalam Mengajar

mengajar efektif
Ciri-ciri guru yang efektif dalam mengajar dikemukakan oleh S.Nasution (1989:110) ada 12 ciri, yaitu:
1. Mulai dan mengakhiri pelajaran tepat pada waktunya.
2. Berada terus di dalam kelas dan menggunakan sebagian besar dari jam pelajaran untuk mengajar dan membimbing pelajaran.
3. Memberi ikhtisar pelajaran sebelumnya pada permulaan pelajaran baru.
4. Mengemukakan tujuan pelajaran sebelumnya pada permulaan pelajaran.
5. Menyajikan pelajaran baru langkah demi langkah dan memberi latihan pada akhir tiap langkah
6. Memberi latihan praktis yang mengaktifkan semua siswa.
7. Memberi bantuan siswa khususnya pada permulaan pelajaran.
8. Mengajukan banyak pertanyaan dan berusaha memperoleh jawaban dari semua atau sebanyak-banyaknya siswa untuk mengetahui pemahaman tiap siswa.
9. Bersedia mengajarkan kembali apa yang belum dipahami oleh siswa.
10. Membantu kemajuan siswa, memberi balikan yang sistematis dan memperbaiki setiap kesalahan.
11. Mengadakan review atau pengulangan tiap minggu secara teratur.
12. Mengadakan evaluasi berdasarkan tujuan yang telah dirumuskan.

Ahli lain yakni Rustiyah (1982: 44-47), agar guru dapat mengajar secara efektif hendaknya ada syarat-syarat sebagai berikut:
a. Membelajarkan siswa secara aktif.
b. Mempergunakan banyak metode mengajar (variasi metode)
c. Memberi motivasi belajar siswa yang tepat.
d. Materi yang diajarkan disesuaikan dengan kurikulum dan kebutuhan masyarakat.
e. Mempertimbangkan perbedaan individual siswa.
f. Selalu membuat perencanaan sebelum mengajar.
g. Memberikan pengaruh yang sugestif kepada siswa.
h. Memilih keberanian dalam menghadapi siswanya dan masalah-masalah yang timbul sewaktu PBM berlangsung.
i. Mampu menciptakan situasi yang demokratis di sekolah.
j. Sewaktu menyajikan bahan pengajaran, guru memberikan masalah-masalah yang merangsang siswa untuk berpikir.
k. Mengintegrasikan semua pelajaran yang diberikan kepada siswa.
l. Menghubungkan mata pelajaran di sekolah dengan kebutuhan nyata di masyarakat.
m. Memberikan kebebasan kepada siswa untuk dapat menyelidiki, mengamati sendiri, belajar sendiri dan mencari pemecahan masalah sendiri.
n. Menyusun perencanaan pengajaran remedial dan diberikan kepada siswa yang memerlukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s